Situs Terpecaya

Situs Terpecaya

Ticker

6/recent/ticker-posts

Latihan Siaga Bencana: Anak TK Melati Ikhlas Beraksi di Bawah Meja

 


Puluhan anak Taman Kanak- Kanak (TK) Melati Ikhlas Kelurahan
Lapai, Kecamatan Nanggalo bergegas berlindung dibawah meja saat sirine berbunyi.
Setelah getaran dan guncangan usai mereka berhamburan keluar ruangan dengan rasa cemas dan panik menuju titik kumpul untuk menyelamatkan diri.
 
Hal tersebut merupakan bagian skenario dari ancaman potensi bencana alam megathrust Mentawai dan penguatan kesiapsiagaan bencana, Senin (23/9/2024).
Sekretaris BPBD, Robert Candra Eka Putra menjelaskan bencana bukan untuk ditakuti, selain itu bencana bisa dikenali untuk diketahui karakternya agar tahu upaya apa yang dilakukan.
 
"Isu megathrust bukanlah hal yang baru, tetapi ada sejak lama, Kota Padang pernah diguncang gempa dan tsunami. Pasca gempa 2009 isu megthrust telah berkembang ditambah dengan kemajuan teknologi, sehingga isu megathrust ini membuat masyarakat panik dan khawatir," terangnya.
 
Tanda-tanda datangnya tsunami meliputi gempa besar lebih dari 30 detik, air laut yang tiba-tiba surut, pohon tumbang, serta perubahan perilaku hewan.
 
Dalam menghadapi gempa, penting untuk tetap tenang, melindungi diri, dan mencari area terbuka.
 
Padang memiliki 25 markah blue line tsunami, dan jika bencana terjadi, warga harus segera mengungsi ke tempat aman. Selain itu, satuan pendidikan perlu memiliki SOP untuk bencana dan membentuk tim SPAB yang terlatih dalam pengurangan risiko bencana.
Salah seorang wali murid, Nurmiati yang turut mendampingi anaknya mengapresiasi simulasi evakuasi bencana dengan BPBD Kota Padang, menurutnya langkah ini sebagai bentuk mempersiapkan diri ketika bencana terjadi.
 
"Dengan simulasi ini kita berharap anak-anak dapat memperoleh ilmu terkait kesiapsiagaan bencana," harapnya. (MA/Taufik)

Posting Komentar

0 Komentar