Situs Terpecaya

Situs Terpecaya

Ticker

6/recent/ticker-posts

FIFGROUP Padang II Raih Penghargaan dari Pemprov Sumatera Barat

 


Padang -  Kantor PT Federal International Finance (FIFGROUP) Cabang Padang II mendapatkan apresiasi sebagai Perusahaan Kecelakaan Nihil (Zero Accident Award) Tahun 2024 dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.
Penghargaan tersebut diberikan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat kepada manajemen perusahaan di Sumatera Barat yang berhasil melaksanakan program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan baik sehingga mencapai nihil kecelakaan kerja. Penghargaan ini diberikan dalam bentuk piagam melalui Surat Keputusan Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia. 
Dalam acara yang digelar pada Senin, 23 September 2024 di Hotel Mercure Padang, Sumatera Barat itu, piagam penghargaan sebagai Perusahaan Kecelakaan Nihil (Zero Accident Award) Tahun 2024 diberikan langsung oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Provinsi Sumatera Barat, Ir. Nizam Ul Muluk kepada Kepala Cabang FIFGROUP Cabang Padang II, Nunung M. Anwar.
Direktur FIFGROUP, Esther Sri Harjati menyampaikan : “FIFGROUP terus mendukung upaya pemerintah pusat dan daerah, termasuk Provinsi Sumatera Barat, untuk menekan jumlah kecelakaan kerja, melalui program zero accident.”
“Tentu ini menjadi komitmen FIFGROUP untuk selalu menjadi perusahaan yang mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat dan komunitas melalui 3 Aspek Strategi Sustainability (keberlanjutan), yaitu Portofolio, People dan Public Contribution. Untuk K3 sendiri masuk ke dalam inisiasi program dari poin kedua yaitu People,” lanjut Esther. 
Program K3 ini juga menjadi implementasi dari misi perusahaan yaitu membawa kehidupan yang lebih baik untuk masyarakat, dan bentuk komitmen FIFGROUP dalam Environment, Social, and Governance (ESG) Goals. Program itu  juga mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 8 yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi serta nomor 3 yaitu Kehidupan Sehat dan Sejahtera.
Nunung M. Anwar menyampaikan, “Kami berterima kasih atas kepercayaan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat kepada FIFGROUP Cabang Padang II melalui penghargaan Perusahaan Kecelakaan Nihil (Zero Accident Award) Tahun 2024 ini. Dalam perjalanan kami selama tahun ini, kami selalu melakukan sosialisasi safety riding sebanyak 2 kali dan juga mengingatkan karyawan untuk mementingkan keselamatan kerja terutama kepada tenaga lapangan. Kami percaya perusahaan yang sehat dan terus bertumbuh adalah perusahaan yang peduli atas keselamatan dan kesehatan pekerja di dalamnya.”
Upaya FIFGROUP dalam Pemenuhan dan Implementasi K3
FIFGROUP, sebagai salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk dan bagian dari Astra Financial, terus mendukung Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) untuk mendorong implementasi K3 dalam menjamin keamanan, kesehatan dan kesejahteraan di lingkungan kerja. Di Indonesia, peraturan K3 telah diatur dalam UU Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja.
Dalam hal ini, FIFGROUP memahami tentang pentingnya penerapan perlindungan terhadap tenaga kerja yang merupakan aset penting perusahaan, melalui implementasi beberapa inisiasi program K3, antara lain:
  1. Pelatihan dan Workshop K3, seperti workshop Kesiapsiagaan Tanggap Darurat 
  2. Membuat campaign FIFGROUP Aman Berlalu Lintas (FABL) yang di dalamnya terdiri dari rangkaian kegiatan inspeksi safety riding, training safety riding, video competition, serta  awareness activation bagi masyarakat.
  3. Pembentukan Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3)
  4. Pemeriksaan oleh Manajemen Perusahaan supaya setiap inisiasi terkait K3 yang dilakukan oleh tim Environment, Health & Safety (EHS) FIFGROUP secara terukur dan signifikan dalam menciptakan zero accident
  5. Pemenuhan sarana dan prasarana K3 di setiap network FIFGROUP seluruh Indonesia.
  6. Meningkatkan awareness dan kebiasaan baik akan kesehatan melalui kegiatan rutin stretching dan drinking time yang digaungkan setiap hari.
  7. Meningkatkan kebiasaan berolahraga melalui program kompetisi FIFirstep yang diikuti seluruh karyawan internal FIFGROUP seluruh Indonesia.
(zt)

Posting Komentar

0 Komentar