Situs Terpecaya

Situs Terpecaya

Ticker

6/recent/ticker-posts

Dinas Pertanian Pessel Lakukan Mediasi Kemitraan Antara Koperasi LKMA Damar Rumput dengan PT Lopon


Dinas Pertanian Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) melalui Bidang Perkebunan melakukan mediasi dan fasilitasi antara Koperasi LKMA Damar Rumput Jaya, Kecamatan Air Pura, untuk melakukan kerja sama kemitraan dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit.

Mediasi dan fasilitasi itu sudah dilakukan antara pihak perusahaan dengan pengurus koperasi tanggal 11 Juli 2024 lalu di kecamatan tersebut.  
Upaya itu bertujuan untuk meningkatkan pendapatan jaminan harga sesuai dengan kondisi pasar terkini bagi petani yang tergabung dalam kelompok koperasi.
Demikian disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Perkebunan Dinas Pertanian Pessel, Syafrianto, kepada media ini Jumat (19/7).
"Koperasi LKMA Damar Rumput Jaya di Kecamatan Air Pura, merupakan salah satu koperasi pengelola kegiatan Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) di Pessel yang memiliki luas lahan mencapai 91,4 Ha. Hingga saat ini kegiatan yang sudah dilaksanakan mulai dari tumbang Chiping, penanaman dan pemeliharaan, dan diantaranya juga telah panen walaupun belum sempurna dan normal sebagai mana kebun sawit yang lainya," kata Syafrianto.
Dia menjelaskan bahwa pengurus koperasi tersebut berharap bagaimana hasil panen dapat di kelola oleh koperasi agar keuntungan yang di dapat bisa dinikmati oleh seluruh anggota Koperasi.
"Berdasarkan hal inilah, sehingga kita melakukan mediasi dan fasilitasi dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit yang ada di kecamatan itu. Mediasi ini telah kita lakukan. Kerja sama ini sesuai dengan Keputusan Dirtjen Perkebunan tentang Pengawasan Peremajaan Kelapa Sawit (PPKS)," tutupnya. (mp)

Posting Komentar

0 Komentar