Situs Terpecaya

Situs Terpecaya

Ticker

6/recent/ticker-posts

Selain Menjaga Protokol Kesehatan, Petugas UKL Dukcapil Juga Dituntut Mampu Berinovasi Dan Melahirkan Ide Kreatif


Pandawa News TIME - Selain menjaga protokol kesehatan petugas Unit Kerja Layanan (UKL) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  di semua kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan diminta untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Upaya itu harus dilakukan guna menjaga keselamatan jiwa di tengah terus menjawab kepuasan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dokumen kependudukan, seperti e-KTP, Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran.

Imbauan itu disampaikan Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, Senin (2/8).

Bupati  menegaskan kepada petugas UKL Dinas Dukcapil di semua kecamatan supaya tetap menjaga protokol kesehatan dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat.

Dukcapil Pessel tetap berupaya memberikan pelayanan kepada masyarakat, bahkan hingga ke pintu rumah pada semua nagari yang ada.

"Pelayanan ke pintu rumah itu hendaknya dilakukan dengan sepenuh hati, karena itu merupakan pengabdian yang sesungguhnya yang hanya bisa dilakukan oleh petugas UKL Dukcapil. Sebab bila dilakukan dengan sepenuh hati, tugas yang dilakukan juga mendapatkan ganjaran amal ibadah dari yang maha kuasa. Namun dengan catatan protokol kesehatan tetap nomor satu," ungkapnya.

Lebih jauh dijelaskan bahwa data kependudukan memiliki peran yang sangat besar dalam menentukan arah, kebijakan, dan perencanaan pembangunan ke depan.

"Berdasarkan hal itu, maka ketersediaan data kependudukan di semua tingkat administrasi pemerintahan sangat penting. Karena menjadi kunci keberhasilan setiap program pembangunan yang dilakukan," ingatnya.

Pemkab Pessel tetap berkomitmen mensukseskan tiga program strategis nasional dalam bidang kependudukan dan pencatatan sipil.

Tiga program strategis itu diantaranya, pemutakhiran data kependudukan, penerbitan nomor induk kependudukan (NIK), dan penerapan KTP elektronik.

"Dinas Dukcapil dituntut untuk terus berinovasi dalam melahirkan ide-ide yang cemerlang dalam meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat," tutupnya. (mp)

Posting Komentar

0 Komentar