Situs Terpecaya

Situs Terpecaya

Ticker

6/recent/ticker-posts

Tips Latihan Kesegaran Jasmani

Milenialsehat.com-Program latihan fisik yang baik harus dapat menghasilkan peningkatan kualitas fisik  dari orang yang melakukan  ltihan tersebut. Untuk bisa mencapainya  program latihan harus mengikuti prinsip latihan sebagai berikut

A.  Prinsip dasar "overload" yaitu suatu prinsip latihan dimana pembebanan latihan harus di tambah pada waktu tertentu, artinya latihan tidak monoton, ada saatnya semakin berat namun diselingi dengan latihan ringan.

B.  latihan harus progresif, artinya secara berangsur-angsur sesuai perkembangan  prestasi  orang yang melakukan latihan, misalnya dalam mingg pertama latihan joging selama 20 menit, maka minggu berikutnya  bisa ditingkatkan  menjadi 25-30 menit dan seterusnya.

C.  Latihan juga mengandung individualitas karena sebenarnya tidak ada program latihan yang langsung cocok untuk semua orang. hal yang perlu di pertimbangan dalam prinsip individualitas  ini antara lain :jenis kelamin, usia, tingkatann jasmani, selera, komposisi  dan tipe tubuh serta karakter  kepribadiannya.

D.  Latihan tidak untuk mencapai kondisi fisik yang baik setidaknya harus di lakukan tiga sampai lima kali dalam seminggu. kalau latihan  hanya  satu atau dua kali dalam seminggu, latihan tersebut tidak cukup untuk meningkakan kualitas fisik. Sebaliknya, jika latihan terlalu banyak sampai hampir setiap hari tanpa istirahat sedikit pun akan berbahaya bagi kerusakan fungsi tubuh.

Posting Komentar

0 Komentar