Situs Terpecaya

Situs Terpecaya

Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Terhindar dari Virus Corona

Pandawa News Time,com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan wabah virus corona baru, COVID-19, sebagai darurat kesehatan globalTak hanya di negeri asalnya, China, virus corona juga sudah mulai masuk ke Indonesia. Dilaporkan dua kasus baru warga positif terjangkit virus corona mendapat pengawasan ketat di RSPI Jakarta. Penyebaran COVID-19 yang begitu cepat memang membuat setiap warga harus waspada. Namun masyarakat diimbau tak lantas panik dengan penyebaran virus Covid-19 tersebut. Hal penting yang harus dilakukan setiap warga adalah dengan menjaga menjaga daya tahan tubuhnya.  Mengutip laman Times of India, ada beberapa cara meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh untuk menjauhkan diri dari penularan virus corona:

Konsumsi makanan yang menyehatkan

Makanan seperti keju, yoghurt, dan asinan kubis menyediakan mikroba pemicu imunitas tubuh di dalam usus.

Makanan lainnya yang bisa menyediakan imunitas pada tubuh adalah lada hitam, biji ketumbar, bawang putih, jahe, jeruk, brokoli, kecambah, lemon dan stroberi.

Pijat diri sendiri setiap hari  Pijat diri sendiri akan menenangkan sistem saraf, mengurangi stres dan mendukung kekebalan tubuh. Kamu bisa menggunakan minyak wijen untuk melakukan pijatan. Melakukan pose yoga terbalik Pose yoga terbalik meningkatkan sirkulasi getah bening dan mengusir kuman dari tubuh.

Ketika kepala berada di bawah jantung, maka getah bening bergerak ke organ pernapasan, di mana kuman sering memasuki tubuh.

Ketika kembali ke posisi tegak, gravitasi mengalirkan getah bening kembali ke bawah melalui kelenjar getah bening. Dengan metode ini, maka virus dan kuman akan ikut terbuang.

Hindari makanan dan minuman manis, dingin atau yang digorengMinum atau makan makanan dingin mengurangi kerja pencernaan, yang tidak bagus untuk kesehatan secara keseluruhan.Makanan berat dan gorengan sulit dicerna, jadi hindari juga. Konsumsi banyak sayur yang dibuat dari akar tanaman, kaldu dan sup.Mandi air hangat

Mandi air hangat di malam hari dengan garam Epsom dan minyak esensial yang menghangatkan seperti jahe, kapulaga, kayu putih, rosemary, kayu manis, cedar, pinus, kemangi dan juniper.

Tidur sehat yang cukup

Salah satu kebiasaan buruk yang bisa menurunkan daya tahan tubuh adalah kurang tidur atau tidur berlebihan.

Saat tidur, tubuh menghasilkan protein immuno esensial yang disebut sitokin, yang bertindak sebagai antibodi penangkal infeksi yang diperlukan untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Melakukan meditasi

Meditasi tidak hanya membantu menenangkan pikiran dan mengumpulkan energi, tetapi juga mengurangi beberapa faktor risiko yang terkait dengan sistem kekebalan tubuh yang buruk.

Latihan meditasi yang penuh konsentrasi dapat membantu melawan stres dan kepanikan yang bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Menambahkan basil ke dalam makanan

Basil atau tulsi adalah ramuan tradisional India yang memiliki manfaat pengobatan dan terapi yang luar biasa.

Basil mengandung sifat ekspektoran dan antitusif yang kuat, yang bekerja untuk menghilangkan dahak dan menekan batuk, sehingga mengobati masalah pernapasan kronis.Air tulsi juga mengandung beberapa sifat anti-alergi dan anti-inflamasi yang dapat mengatasi infeksi virus akibat flu dan sejenisnya.

Posting Komentar

0 Komentar